Tempatku berbagi cerita, canda, dan karya, oh iya, dan video

Gara Gara Erytrocyt

Gue merasa kecewa waktu gue menjalani hari hari gue di sekolah. Semua hal yang gue harapkan ternyata nggak terjadi semuanya, misalnya sekolah gue sekarang jarang ada libur seperti apa yang gue perkirakan pada awalnya, udah gitu frekuensi jam kosongnya juga nggak sebanyak temen temen gue dari sekolah lain. Gue kecewa. Tapi gue punya satu panutan guru yang ngebuat gue semangat lagi buat sekolah, namanya Karyono. Beliau adalah seorang guru kimia yang entah berasal dari kromosom alien mana gue nggak tau. Emang cara ngajarnya terkesan nyeleneh, tapi menurut gue, beliau adalah guru terbaik yang ada di sekolah gue.

Pernah waktu itu pelajaran Hidrokarbon, beliau ngajarin sesuatu yang gue nggak pernah sangka, yaitu membuat miras sehat. Entah beliau ngomongnya beneran atau enggak, gue nggak peduli, gue juga nggak nyoba buat sih. Minggu berikutnya beliau ngasih gambar yang absurd banget dan nyuruh murid murid buat nebak gambar apa itu, kira kira gambarnya gini:

Gambar apakah ini?

Gambar apakah ini?

Pertama kali gue mikir: “Ini guru agak unik, masa iya itu organ dalam?
Bagai seorang pembaca pikiran, beliau ngasih pertanyaan: “Ini apa? Ini salah satu organ dalam..” Wah, ternyata bener, ini organ dalam. Temen temen gue mulai menebak, ada yang nebak itu lambung, ada yang nebak itu ginjal, dan gue nebak itu kacang mete. Semua jawaban salah. Hmm, trus apa dong? Guru satu ini nunggu jawaban sambil cengar cengir, membuat gue semakin penasaran benda apa itu. Ternyata, setelah tabir terungkap dan tingky wingky salto, benda itu adalah erytrocyt. Kampret bener, emang siapa yang tau kalo itu erytrocyt, gambarnya begitu doang.

Lalu beliau mulai menerangkan, kalo orang kurang sel darah merah ini bakalan lemes, gampang ngantuk, dan lain lain. Kekurangan sel darah merah bisa disebabkan oleh gas CO yang terlalu banyak masuk kedalam tubuh. Yah kira kira gitu. Akhirnya beliau ngomong: “Kalo kurang erytrocyt, nanti bisa minum sangubion, biar darahnya muda lagi..” Gara gara omongan beliau, gue jadi pengen nyoba minum sangubion, dengan harapan gue nggak ketiduran waktu pelajaran lagi.

2 hari setelah keinginan nyoba sangubion gue tumbuh, gue browsing di dunia-ibu.org tentang sangubion ini, setelah itu gue beli satu capsul sangubion, dan gue minum. Efeknya nggak langsung terasa. Di kelas gue jadi agak ngantuk, trus temen gue namanya Onny ngasih tau gue, katanya kalo minum zat besi itu bisa ngebuat kita ngantuk, misalnya makan kangkung yang ada zat besinya bisa ngebuat kita ngantuk. Gue jadi kepikiran jualan besi organik yang dibuat dari kangkung. Sepulang sekolah, badan gue jadi fit lagi, suara gue yang hilang ditelan batuk pun kembali, gue jadi ceria lagi. Terima kasih sangubion..🙂

Tinggalkan Balasan

