Tempatku berbagi cerita, canda, dan karya, oh iya, dan video

Merespon Positif

Pertama, gue minta maaf kalo selama ini gue ngilang entah kemana. Gue lagi nulis eBook ke 4 gue, ke 4! Selain itu, gue disibukan dengan tugas tugas SMA dan liburan, jadi gue kurang ada waktu buat buka blog. EBook ke 4 gue akan segera relase, paling lama bulan Agustus. Ceritanya kaya gimana, besok aja kalo udah relase baca sendiri..

Nah, post terakhir tentang berpikir positif, kali ini gue pengen dikit ngajari kalian tentang merespon positif. Ciri khas mama gue kalo negur gue adalah dengan mengatakan kalo gue lagi jatuh cinta, misalnya :
1. “Kok engga mandi mandi? Males mandi ciri orang lagi jatuh cinta” akhirnya gue mandi.
2. “Kok engga tidur tidur? Sudah tidur ciri orang lagi jatuh cinta” akhirnya gue tidur.
3. “Kok engga belajar? Males belajar ciri orang lagi jatuh cinta” akhirnya gue tetep engga belajar.
Cara sindiran sebenernya merupakan cara halus dalam menasehati seseorang, namun di jaman yang gila ini, sindiran merupakan ajang untuk saling hina. Ada 2 pemyebab menurut gue, pertama karena pendengar emosional dan cenderung ODBO (Otot Dulu Baru Otak), kedua karena yang nyindir nyindirnya niatnya bukannya nasehatinya tapinya ngejeknya. Mulai sekarang, coba respon semua sindiran, atau nasehat, atau kritik, pokoknya semua yang ditujukan ke kita dengan positif. Misalnya kalo kita diejek “Dasar bego!” jangan dibales “Lu yang bego!”, hasilnya bisa jadi perang antar kampung, mending kalo kalian diejek kaya begitu, kalian giat belajar biar pinter. Misalnya lagi, kalian disiram air waktu lagi jalan jalan, responlah positif, orang yang nyiram kalian pake air itu pengen kalian bersih, bersih pangkal sehat. Contoh terakhir, kalo kalian lihat tawuran pelajar, jangan respon kalo moral pelajar udah ancur, tapi coba kalian respon kalo itu adalah ekstrakulikuler antar sekolah. Berpikir dan merespon positif, semangat!

Tinggalkan Balasan

